Dijagokan Atasi Sevilla di Final Liga Europa, Klopp Minta The Reds Fokus

By Admin

nusakini.com--Liverpool dan Sevilla bakal berjibaku pada final final Liga Europa di St. Jakob-Park, Kamis (19/5/2016) dini hari WIB. Bagi, keduanya, gelar juara sangat vital karena jadi tiket untuk bertanding di Liga Champions musim depan.

Disisi lain, keduanya juga berburu gelar dengan tujuan berbeda. The Reds berambisi menang demi meraih gelar perdana di turnamen Eropa dalam 11 tahun terakhir, Sedangkan Sevilla bertekad mengukir hat-trick di ajang Liga Europa. 

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp berharap pemainnya fokus menghadapi partai final meski lebih dijagokan jadi juara."Tidak ada keuntungan untuk salah satu tim. Jika Anda menang tahun lalu, apa artinya? Jika Anda menang dua tahun lalu, apa artinya? Sebenarnya tidak ada, jadi ini adalah laga lain," ujar Klopp seperti dilansir Sky Sports.

Performa Liverpool di ajang Liga Europa musim ini terbilang lebih oke ketimbang di kompetisi domestik. Skuat Si Merah berhasil lolos ke 32 besar dengan status juara Grup B usai memetik dua kemenangan, empat hasil imbang, dan tak terkalahkan. 

Pada fase knock-out, laju Liverpool juga sulit terbendung. Mereka unggul agregat 1-0 atas Augsburg pada 32 besar, menang agregat 3-1 atas Manchester United pada fase 16 besar, menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 4-3 pada perempat final, dan unggul agregat 3-1 atas Villarreal pada semifinal. 

Sementara itu, Sevilla bertekad membungkam Liverpool sekaligus mempertahankan gelar Liga Europa dalam tiga musim terakhir. Jika sukses meraih trofi, Sevilla akan menjadi klub pertama yang menjuarai Piala UEFA/Liga Europa tiga musim secara beruntun.

Kans Sevillistas mewujudkan ambisi tersebut terbilang besar. Dari delapan pertandingan yang dijalani sejak 32 besar Liga Europa musim ini, Sevilla mampu memetik empat kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan. Sevilla juga meraih tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan dari delapan pertemuan kontra klub Inggris. 

"Semua pemain saya memiliki karakteristik khusus dan kami membutuhkan yang terbaik dari mereka melawan Liverpool; kami butuh segala hal yang mereka miliki," ujar pelatih Sevilla, Unai Emery, di situs resmi UEFA. 

Menghadapi laga ini, Sevilla tak diperkuat Jose Antonio Reyes dan Michael Krohn-Dehli yang dibekap cedera. Sementara itu, Liverpool dipastikan tampil tanpa Joseph Gomez, Danny Ings, Divock Origi, Jordan Rossiter, serta Jordan Henderson yang dihantam cedera, sedangkan Mamadou Sakho tengah manjalani sanksi dari FIFA. (b/ab)

Prakiraan susunan pemain:

Liverpool (4-2-3-1): Simon Mignolet; Alberto Moreno, Kolo Toure, Dejan Lovren, Nathaniel Clyne; James Milner, Emre Can; Philippe Coutinho, Roberto Firmino, Adam Lallana; Daniel Sturridge.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Sevilla (4-2-3-1): David Soria; Mariano, Daniel Carrico, Adil Rami, Benoit Tremoulinas; Steven N'Zonzi, Grzegorz Krychowiak; Yevhen Konoplyanka, Ever Banega, Vitolo; Kevin Gameiro.

Pelatih: Unai Emery (Spanyol)

Lima pertandingan terakhir Liverpool:

01/05/16 Swansea City 3 - 1 Liverpool (Premier League)

06/05/16 Liverpool 3 - 0 Villarreal (Liga Europa)

08/05/16 Liverpool 2 - 0 Watford (Premier League)

12/05/16 Liverpool 1 - 1 Chelsea (Premier League)

15/05/16 West Bromwich Albion 1 - 1 Liverpool (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Sevilla:

29/04/16 Shakhtar Donetsk 2 - 2 Sevilla (Liga Europa)

01/05/16 Espanyol 1 - 0 Sevilla (La Liga Spanyol)

06/05/16 Sevilla 3 - 1 Shakhtar Donetsk (La Liga Spanyol)

08/05/16 Sevilla 1 - 4 Granada (La Liga Spanyol)

15/05/16 Athletic Bilbao 3 - 1 Sevilla (La Liga Spanyol)